Filosof Adalah Wong Gendeng


Filosof Adalah Wong Gendeng

Pada masanya, orang-orang yang kamu anggap cerdas sekarang itu terkadang oleh masyarakat dizamannya dianggap manusia-manusia gak becus. 

Banyak Filosof yang tulisan dan fikirannya kamu kenal sekarang itu, ternyata dahulunya, dimasa hidupnya dianggap sampah oleh masyarakatnya. 

Hidupnya dianggap gak becus karena hari-harinya dihabiskan dengan klontang-klantung tidak jelas, hanya bawa-bawa pena dan buku, juga melupakan kerja. 

Hidupnya menggelandang, gak pernah taat dan berbaur dengan masyarakatnya juga gak taat pada aturan agama dan negaranaya. 

Disuruh Nyembah  Pohon Pisang, Filosof Bilang Pohon Pisang cuma makananku. Disuruh sujud pada rajanya filosof bilang raja sama seperti saya. 

Disuruh gabung ama masyarakatnya guna mengikuti festival kelahiran dewa pisang , Filsof bilang, kamu lebay...!

Kata-kata nyeletuk dari Filosof kepada kebisaan rakyat, agama dan pemerintahannya pada masa itu dianggap menyalahi pakem.bahkan ia dijuluki "Wong Gendeng". 

Memang dalam pandangan kita saat ini filosof itu benar, tapi dalam pandangan manusia-manusia tempo dulu dimana kebanyakan tingkat pemikirannya masih cetek, tentu si Filosof itu yang salah. 

Bahwa ; Apabila kekasihmu seorang Filosof, maka namamu akan abadi, selama karyanya terus dibaca orang.

Blog : Surau Tingga || Judul : Filosof Adalah Wong Gendeng


Tidak ada komentar:

Posting Komentar